Cara Menonaktifkan Aplikasi Sistem Yang Gak Perlu di Android



Saya menulis artikel ini karena saya menyesal pernah me root untuk menghapus aplikasi bawaan yang saat itu sedang tidak digunakan, tetapi tidak lama kemudian saya sadar bahwa saya butuh lagi aplikasi bawaan itu. Setelah susah susah mencari di playstore dan google akhirnya ketemu tapi operasinya tidak selancar aplikasi bawaan. Smartphone/tablet Android banyak aplikasi bloatware. Bloatware? Bloatware adalah aplikasi yang sudah terpasang secara sistem maupun diinstall dari  bawaan pabrik. Kebanyakan dari aplikasi tersebut sering tidak digunakan.
Android Jelly Bean 4.3 kalian bisa menonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan. Manfaatnya juga tidak perlu melakukan rooting di perangkat Android kamu. Ditambah memory RAM akan semakin berkurang dan tampilan homecsreen lebih rapih karena aplikasi yang tidak perlu sudah hilang.

Bagaimana caranya menonaktifkan aplikasi sistem atau yang sudah terinstall dan tidak ingin digunakan tanpa harus root untuk uninstall? Kamu bisa mengikuti beberapa langkat berikut ini:

1. Buka Settings
2. Pilih apps à Manage Applications/Application Manager.
3. Swipe ke kanan hingga kamu menemukan All Application
4. Pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan
5. Tap pada aplikasi tersebut lalu pilih disable/Turn Off.
6. Akan terdapat notifikasi peringatan, pilih OK. 


Dengan adanya aplikasi yang di disable/Turn Off maka akan mucul Tab baru setelah All Applications. Tab ini berfungsi untuk melihat aplikasi apa saja yang telah di disable. Untuk mengembalikan pengaturan aplikasi keseperti semula juga bisa kamu lakukan disini. Caranya dengan 
Reset app preferences.


Comments

  1. .makasih kakak share.a
    .mau saran tolong posting juga ya kak tentang algoritma...
    .terimakasih

    ReplyDelete
  2. makasih juga loh kaka nila udah baca blog aku :*
    algoritma? ga salah orang nanya kaya gitu? haha. algoritma kan banyak, pasti beda beda ga cuma berpatokan sama satu rumus, kadang beda materi aja rumusnya banyak-_-

    ReplyDelete

Post a Comment

Arah Kisah Kita