Penting Ga Sih Berorganisasi?

Hello friends! Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan sampai saat ini. Kali ini aku ingin menjawab pertanyaan dari teman teman, cerita pengalaman, dan mungkin bisa membuat teman-teman mendapat pencerahahan tentang organisasi. Kita mulai dari pengertian organisasinya dulu ya.

Apa sih organisasi?


Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen.  Pada dasarnya organisasi merupakan tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dengan memanfaatkan sumber daya (data, metode, dana, material, lingkungan, sarana, prasarana) yang dapat digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Bentuk-Bentuk Organisasi
1.      Organisasi politik
2.      Organisasi social
3.      Organisasi mahasiswa
4.      Organisasi olahraga
5.      Organisasi sekolah
6.      Organisasi negara
7.      Organisasi pemuda
8.      Organisasi agama

Apa Tujuan Organisasi?



Tujuan dari sebuah organisasi sangat penting dan mempengaruhi kinerja dari organisasi itu sendiri bahkan dapat mencari anggota baru untuk pengembangan sebuah organisasi dan untuk peng kaderisasian. Kaderisasi dalam organisasi sangat penting, kaderisasi bertujuan untuk menjaga sebuah organisasi tetap bisa bertahan dan eksis dalam jangka waktu yang panjang sehingga tidak mood mood an untuk menjalaninya saat ditengah jalan. Secara sederhana organisasi adalah wadah menampung aspirasi dan buah pikiran untuk mencapai tujuan bersama.

Apa Manfaat mengikuti Organisasi?
            Disini aku akan bercerita pengalaman aku dalam berorganisasi di kampus. Organisasi di kampus memang organisasi paling kecil dibanding organisasi yang ada diluar, tapi dari sini kita dapat belajar banyak hal. Banyak yang bilang dan tanya sama aku dari yang kenal lama dan baru kenal kaya gini “lan lo kan kuliah di dua kampus, beda jurusan pula, emang ga cape, pusing dan ribet? Gue kuliah satu aja udah pusing banget. ditambah kenapa lo ikut himpunan dua duanya?”. Sebelumnya aku ingin menjelasin apa itu himpunan? Himpunan mahasiswa jurusan atau yang sering diketahui dan di singkat HMJ, singkatan ini sudah jarang sekali digunakan oleh Himpunan. Sekarang himpunan memiliki masing-masing singkatan sesuai jurusannya. HMJ adalah organisasi mahasiswa di tingkat jurusan di suatu perguruan tinggi. Keberadaan himpunan mahasiswa jurusan haruslah berdasarkan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa. Himpunan mahasiswa jurusan merupakan media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya agar siap terjun ke masyarakat. Nah sekarang aku jawab pertanyaan diatas. Awalnya kuliah di dua kampus memang pusing dan ribet lebih nya lagi cape karena beda kampus, ya walaupun cuma 30 menitan tetapi untuk bolak balik itu capenya berasa banget tetapi itu semua balik lagi sama niat dan konsekuen yang udah aku ambil. Kenapa aku ikutan himpunan dua duanya? Disini aku ambil kuliah beda angkatan 1 tahun, jadi sebelumnya di kampus yang 1 aku memang udah ikut himpunan dan saat aku di kampus 2 memang dari awal masuk sampe ke semester 2 aku sama sekali gaada niatan untuk ikut organisasi dan gaada ketertarikan aku untuk ikut organisasi disana dan aku ga pernah ikut satu pun acara yang udah dibuat sama himpunannya. Karena aku pikir aku udah ikut organisasi di kampus 1 dan aku bisa merasakan manfaat dan belajar disana. Jujur selama 2 semeter itu aku kuliah seakan kosong di kampus 2. Kaya gaada kegiatan, teman, yaa hampa gitu. Teman paling satu kelas dan beberapa dikelas lain, selain itu gaada yang aku kenal. Nah lalu kenapa tiba-tiba kepikiran dan ikut organisasi? Awalnya waktu itu dibentuk kepanitiaan untuk ospek maba dan itu harus dari angkatan aku. Sedangkan waktu itu banyak yang pulang kampung, kerja, punya acara jadi kekurangan orang. Nah ada salah satu temen aku yang nawarin aku join awalnya aku gamau tapi temen aku ini selalu minta aku untuk join yaudah aku terima karena aku piker aku lagi gaaada kerjaan dan gaada salahnya kan bantu orang?. Dari situ aku mulai melihat manfaatnya, bisa bertukar pikiran dan menambah banyak teman. Dari kepanitiaan itu ungkin bisa dibilang aku ini orang yang paling ga dikenal karena jarang dikampus dan ga pernah ikut acara apapun. Tapi baru berkomunikasi lewat grup line aja kita udah bisa kenal dan akrab sebelum ketemu untuk rapat. Semenjak itu aku ketagihan untuk ikut apapun acara yang dibuat karena memang kepanitiaan untuk tahun ini semua adalah angkatan aku. Nah dari situ waktu pengrekrutan anggota himpunan dan aku daftar. Bulan lalu aku dilantik dan sudah resmi menjadi anggota himpunan.
            Beda ga sih setiap himpunan? Pasti beda! Aku ikut dua himpunan semata mata bukan untuk membandingkan saja. Jujur aku ikut dua himpunan itu pemikiran awal hanya untuk menambah teman dan bisa bertukar pikiran. Inget loh nanti kalo kita lulus kuliah teman itu sangat penting, maka perbanyaklah teman karena insyaALLAH mereka lah yang bisa membantu kita. Setiap himpunan itu memiliki misi dan visi yang berbeda, terkadang cara pengrekrutannya tuh berbeda. Seperti yang aku bilang sebelumnya cara pengrekrutan itu sangat penting dalam berorganisasi karena aku bisa melihat perbedaan yang sangat signifikan dari 2 himpunan ku ini.
            Untuk join ke sebuah organisasi pasti pertama kali yang kalian tanyakan adalah manfaatnya kan? Setiap orang pasti ingin dapet feeback nya. Aku bilang kamu akan dapet banyak sekali feedback kecuali uang. Mungkin ada tapi kecil dan jarang banget karena dari sepengalaman aku ikut organisasi dimanapun itu kita yang banyak ngeluarin uang tapi kita juga banyak dapet pengalaman. Kalo kalian cuma mikirin uang, kalian tidak hanya berorganisasi, tapi kerja. Nah manfaat dalam berorganisasi beberapa udah aku jelaskan ya diatas. Selain itu masih banyak lagi, seperti Tercapainya sebuah tujuan bersama, Organisasi dibentuk dari tujuan-tujuan bersama yang berkaitan, maka pencapaian tujuan yang dilakukan oleh orang banyak atau dalam artian anggota sebuah kelompok lebih berpeluang untuk mencapai tujuan yang lebih maksimal dan efektif. Melatih mental bicara di public, mental berbicara didepan umum tidak setiap orang bisa peroleh dengan mudah, harus dengan pelatihan lama dan berkala. Sebuah organisasi, kelompok belajar, atau kelompok studi ilmiah bagi para mahasiswa adalah sebuah wadah yang tepat untuk pengembangan public speaking, ini yang amat sangat aku rasakan karena sebelumnya aku ini orang yang ga pd untuk berbicara di depan umum. Mudah memecahkan masalah, karena dalam sebuah organisasi permasalahan adalah hal yang sangat sering terjadi, entah karena perbedaan pendapat atau permasalahan dalam segi fiskal sebuah kelompok. Pemecahan dari setiap permasalahan yang ada mengajarkan bagaimana harus bersikap dan menyikapi permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks dan majemuk. Melatih Leadership (pemimpin), kamu akan dilatih untuk menjadi pemimpin saat berorganisasi. Memperluas pergaulan dan meningkatkan wawasan dan pengetahuan, ini seperti yang sudah aku jelaskan diatas. Membentuk karakteristik seseorang, diorganisasi kamu bisa membangun karakteristik kamu sendiri karena pengalaman-pengalaman yang sudah kamu jalani. Kuat dalam menghadapi tekanan, kamu akan merasakan hal ini saat kamu berorganisasi, ini sama halnya dengan bekerja dikantor maupun dilapangan. Mampu mengatur waktu dengan sangat baik, mau gamau kamu akan terbiasa dan dapat mengatur jadwal mu sendiri dengan baik. Sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya, Karena dunia berorganisasi itu hampir sama seperti dunia pekerjaan. Mengetahui dan mengembangkan Bakat, seiring waktu kamu akan mengetahui dan mengembangkan bakat yang kamu punya dan dibantu oleh teman-teman mu yang lain. Membagi dan mengisi waktu dengan Kegiatan yg Bermanfaat, daripada harus membungang waktu yang ga jelas lebih baik diisi dengan yang bermanfaat kan?. Kepercayaan Diri menimbulkan dan TIDAK MUDAH mengeluh dan melatih diri menjadi mandiri, dengan bertemu dan sering bertukar pikiran hal ini akan kamu rasakan.

Partisipasi Dalam Organisasi
            Setelah kita tahu manfaatnya sekarang kita tanya diri kita, apakah kita mampuerpartisipasi dalam organisasi tersebut? Untuk menjadi anggota Organisasi yang baik maka kita harus dapat berpartisipasi dengan baik. Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepada organisasi yang telah mereka pilih. Agar dapat berinteraksi secara efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan. Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan.
Pada dasarnya partisipasi ini didefinisikan sebagai keterlibatan mental atau pikiran dan emosi atau perasaan seseorang di dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan. Keterlibatan aktif dalam berpartisipasi, bukan hanya berarti keterlibatan jasmaniah semata. Partisipasi dapat diartikan sebagai keterlibatan mental, pikiran, dan emosi atau perasaan seseorang dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan serta turut bertanggung jawab terhadap usaha yang bersangkutan.

Nah sekian tulisan aku kali ini. Semoga dapat memberikan pencerahan buat kamu kamu yang masih bingung untuk ikut organisasi atau tidak. Dalam tulisan ini aku ga maksa kalian untuk ikut berorganisasi ya, itu semua tergantung sama kebutuhan kalian. Cuma saran aku ikutlah organisasi untuk minimal sebuah pengalaman dan banyak teman. Jangan lupa, berkomitmen itu sangat penting!

Comments

Post a Comment

Arah Kisah Kita