About My Double Degree

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Hello friends! akhirnya nulis lagi, kangen juga haha.
Setelah berkutat dengan laporan PKL, sidang PKL, sidang proposal, sidang skripsi, sampai akhirnya lulus lalu butuh liburan (ketenangan, istirahat otak) dan memperbaiki kuliah - kuliah yang berantakan di kampus satunya. Seiring berjalannya waktu dan memperbaiki perkuliahan terpikirlah untuk menulis "About My Degree" ini karena semakin banyak aja pertanyaan - pertanyaan yang sering ditanyakan padahal Alhamdulillah aku udah lulus di kampus aku yang pertama (UPN). Sebetulnya agak telat sih untuk dibahas menurutku, tapi setelah di pikir – pikir lagi malah ini adalah waktu yang lumayan tepat karena bisa dikatakan hampir berhasil karena sudah lulus di kampus pertama.
            Sebelumnya aku mau menjelaskan mungkin ada beberapa yang belum tau, Double Degree itu apa sih? Untuk arti Double Degree sendiri itu Dua Gelar, nah maksudnya adalah kamu bias kuliah di 2 jurusan atau fakultas atau bahkan universitas sehingga nanti saat kamu lulus kamu memiliki 2 gelar.
Akhirnya di tulis dan di post juga ya setelah sekian lama. Maaf ya soalnya aku nunggu UTS ku selesai. Aku nulis ini berdasarkan pertanyaan - pertanyaan yang suka di tanyakan ke aku lalu aku buat feel free to ask about my double degree beberapa waktu lalu di Instastory aku. Mungkin nanti ada beberapa pertanyaan yang aku kelompok – kelompokkan karena mirip – mirip atau setipe dan jawaban yang sedikit curcol. Nah langsung aja yuk kita bahas dari pertanyaan yang sering di tanyakan.
1.     Kuliah Dimana?
Kuliah dimana aja? Yang satu kuliah dimana? Dan pertanyaan – pertanyaan setipe. Aku kuliah di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN VJ) dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta).
2.     Fakultas Apa? Jurusan Apa? Dan Kenapa?
      Di UPN Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri dan di UIN Fakultas Sains dan Teknologi Jurusan Teknik Informatika. Untuk Teknik Industri sebenernya karena aku udah muak banget daftar Kedokteran di tolak terus (walaupun ngejarnya cuma di UGM dan gamau ditempat lain), aku kan vakum setahun tuh, tadinya mau belajar supaya tahun berikutnya bias daftar Kedokteran dan keterima tetapi di tengah jalan ngerasa muak dan cari – cari jurusan lalu mempelajarinya, dari situ kepikiran buat ambil Teknik Industri. Awalnya daftar di UNDIP tapi ga lolos juga akhirnya langsung daftar di UPN dan lolos. Untuk Teknik Informatika sebenernya karena pemikiran awal aku kalo masuk Teknik Informatika tuh bakal up to date soal dunia teknologi ya, tapi… untuk kamu yang punya pemikiran kaya aku mending ganti jurusan atau ubah pemikirannya dari sekarang karena JAUH BANGET DARI APA YANG KAMU PIKIRIN!.
3.     Kok Beda Jurusan?
      Yaa kalo sama ngapain ambil Double Degree shay haha. Gini, aku kan bukan mau meneliti lalu membandingkan dan menganalisa sehingga menghasilkan sesuatu kan yah jadi buat apa ambil jurusan yang sama. Terus inti pelajaran yang kamu dapet juga bakalan sama mungkin hanya penyampainnya aja yang berbeda, Jadi Cuma buang – buang waktu aja dong.
4.     Semester Berapa? Angkatan Berapa?
      Di UPN alhamdulillah aku udah lulus, angkatan 2013 dan lulus 2017. Sedangkan di UIN aku sekarang semester 7 angkatan 2014. Yup beda satu tahun.
5.     Kenapa Ga Di Satu Kampus Aja?
      Hmmm.. keterimanya di beda kampus, gimana dong? Haha. Pertanyaan ini akan berkesinambungan sama jawaban no 7.
6.     Buang – Buang Waktu dan Uang Aja?
      Alhamdulillah sih aku ga merasakan kalua kuliah 2 itu buang – buang waktu, aku enjoy banget ngejalaninnya. Malah sekarang aku mau nanya, kamu ada urusan lain apa sampe kuliah kamu keteteran banget 😊?. Buang – buang uang? Hmmm papi aku yang bayarin dan alhamdulillah beliau ga keberatan sama sekali, malah uang bayaran suka beliau yang tanyain dan ingetin😊.
7.     Awal mula kepikiran ambil Double Degree?
      Sebenernya ga ada kepikiran sama sekali buat mau ambil kuliah 2. Jadi awalnya itu bermula dari sebuah penawaran papi aku “ada pendaftaran di UIN, kamu mau daftar ga?”. Suudzonnya aku waktu itu adalah mungkin papi aku masih ga terima kalau aku kuliah di swasta (waktu itu UPN masih swasta), jadi akum au nolak pun ga enak dan kaya gaada salahnya untuk daftar pikiran aku waktu itu “paling ga keterima”. Pas aku searching waktu itu adalah hari terakhir pendaftaran dan aku langsung daftar lalu ke bank untuk pembayaran. Setelah melakukan tes dan pengumuman ternyata aku lolos di pilihan pertama yaitu Teknik Informatika.
8.     Kenapa ambil Double Degree?
      Nah sebenernya waktu mau daftar ulang di UIN aku bingung mau gimana. Keluarga mengasih kepercayaan aku untuk mengambil keputusan. Pikiran aku saat itu adalah aku udah terlalu nyaman dengan teman – teman di UPN jadi aku berat untuk ngelepas. Dan UIN sendiri aku ga berani ngelepas karena kayaknya papi aku berharap banyak aku masuk sana. So pikiran aku adalah “yaudahlah iseng – iseng berhadiah aja, bisa tambah ilmu, ga ngecewain siapapun, akunya enak, dan bakal punya tambahan teman”. Tetapi dengan keputusan itu aku terjerumus, eits terjerumusnya kearah positif kok. Ya mungkin awalnya memang jadi berantakan dan bikin pening kepala terutama saat pengambilan SKS, tapi lama – lama sudah terbiasa malah bisa dapet pembelajaran untuk mengatasi suatu masalah dan gimana cara mengambil keputusan dengan bijak.
9.     Tujuan Ambil Double Degree?
      Ga ada tujuan sama sekali, karena awal muasalnya seperti yang aku jelaskan di no 8.
10.  Cape Ga? Pusing Ga? Kuat Ya..
      Kalo di bilang cape ya pasti, pusing? Banget! Tapi jalanin aja, enjoy it!. Suka ada yang nanya “berarti lo belajar mulu ya lan? Ga pernah jalan – jalan, hangout sama temen gitu?” HAHA, you can ask my friends, aku sering nonton, rumpita di mall bahkan hangout sama temen – temen aku ditambah sabtu minggu itu aku biasanya pergi keluar sama keluarga aku  dan aku tuh tipekal orang yang bisa dibilang ga pernah belajar.
11.  Berapa Jarak UPN-UIN?
      Ga ngitungin shay haha. I guess kurang lebih 10km doang sih. Soalnya UPN – UIN atau sebaliknya deket kok, kalo lancar ga sampai setengah jam.
12.  Emang Ga Ada yang Bentrok?
      Bukan ada lagi, BANYAK!. Maka dari itu kita harus pinter – pinter menyesuaikan jadwal dan pasti harus dikorbanin salah satu, kalo engga kuliahnya bisa berantakan semua. Lebih baik berantakan satu kan ketimbang semuanya? 😊.
13.  Terus Gimana Kuliahnya? Emang Ga Berantakan?
      Awal – awal semester berantakan banget. Believe or not aku pernah dapet IP nasakom (nasib satu koma) di kampus kedua (UIN), bego banget ya? Yup aku juga merasakan seperti itu😊 dulu suka nyalahin dan bego – begoin diri sendiri tapi redain sendiri dengan kalimat – kalimat ini “lo kuliah 2 lan, terus banyak jadwal yang bentrok sehingga lo gamasuk jadi wajar dapet IP segitu”. Aku gamau nilai aku malah jadi berantakan semua jadi aku harus milih salah satu mana yang harus di prioritaskan, dan aku memprioritaskna di UPN karena masuknya sudah lebih dulu dan biar lulus duluan sehingga bebannya berkurang satu. Aku baru dapet IP diatas 3 itu semester 4 (di UIN).
14.  Punya Pacar Ga? Terus Pacar Support Ga? Terus Pacarannya Gimana?
      I’m single right now (yes promosi wkwk). Aku gatau kenapa pertanyaan ini sering banget dipertanyakan padahal gaada sangkut pautnya. Waktu itu aku punya pacar, malah awal – awal aku Double Degree. Alhamdulillah Pacar aku saat itu mensupport aku banget, bahkan dia ga keberatan sama sekali. Kita pacarannya gimana? Ya ga gimana – gimana, kita satu kampus satu jurusan beda tingkatan aja (UPN) jadi sering ketemu dan gaada masalah😊.
15.  Gimana IP nya?
      Untuk di UIN udah aku jelasin di no 11, nah untuk di UPN alhamdulillah walaupun ga bagus – bagus amat tapi aku bisa mempertahankan IPK diatas 3.
16.  IP Temen – Temen Tinggi, Kamu Ga Iri?
      ENGGA, KITA BEDA LEVEL! Wkwk. Aku udah jelasin Panjang lebar diatas ya jadi bisalah di Tarik kesimpulan sendiri. Daaannnn iri itu ga baik loh:*.
17.  Orang Tua dan Keluarga Dukung Ga?
      SANGAT!. Gausah di deskripsiin terlalu panjanglah ya, intinya aku bisa sampai saat ini karena mereka:*.
18.  Bokap Lu kan di UIN, Nilai Aman Dong?!
      Wah kalo gitu aku ga usah pusing – pusing dong? Dari awal pengambilan sks pun aku udah pusing untuk menyesuaikan jadwal. Anddd papi aku ngajar S2 nya bukan S1. “tapi kan pasti punya temen dong jadi bisalah di handle nilai – nilainya?” pertama, seperti yang sudah aku jelaskan IP aku di no 13 dan 15 (seharusnya sudah cukup jelas ya). Kedua, sebenernya aku gatau papi aku punya temen di jurusan ku atau engga (karena ga kepo dan ga ada urusannya juga). Ketiga, aku tuh gamau malah jadi beban terus ketergantunga sama papi aku, itu pun sepertinya yang ada dipikiran papi aku, “biarin ajalah anaknya di lepas biar belajar sendiri”. Keempat, papi aku punya kesibukan sendiri, kerajinan amat ngurusin aku segitunya wkwk.
19.  Temen Gimana? Support Ga? Atau Suka Marah Gitu Kalo Lu terlalu Sibuk?
      Alhamduliillah ya temen – temen aku sangat mensupport. Yaa kalo misalkan pada hangout dan aku sibuk kuliah yaa mereka pernah lah bilang “gaada waktu buat kita” dll, tapi cuma sebatas omongan aja karena mereka tau kesibukan aku.
20.  Ngapain Sih Cewe Sekolah Banyak Dan Tinggi – Tinggi, Nantinya Juga Bakal di Rumah Ngurus Anak Suami
      Pertanyaan yang pernah ditanyakan sama seseorang dan sampai saat ini aku masih inget siapa yang nanya, I hate him!. Kamu takut ngerasa terkalahkan dan terinjek – injek martabatnya mas? Seharusnya bukan dengan melontarkan sebuah pertanyaan semacam itu melainkan dengan membuktikan kalua kamu bisa lebih. Tapi seharusnya menurut aku laki – laki ga boleh punya pemikiran merasa tersaingi seperti itu. Walaupun nantinya cuma dirumah. Gini ya mas, kamu itu bakal hidup seumur hidup sama istri kamu, taukan cara orang berbicara tergantung levelnya juga, emang kamu mau seumur hidup ga nyambung sama istri kamu? Engga kan?. Satu lagi, emang kamu mau anak kamu di urus sama orang yang ga berpendidikan? Ga bisa didik dong, ntar anaknya jadi bego juga, mau? Engga kan?. Emang sih Pendidikan ga harus dari sekolah, tapi level nya itu pasti beda, apalagi dari segi komunikasi, PASTI BEDA. Kiss luv buat kamu😊.
      Yuuuuuppppp itulah pertanyaan – pertanyaan yang suka ditanyakan. Mungkin bisa menginspirasi untuk yang mau ambil Double Degree. Last but not least akum au ngasih tau kalau Double Degree itu ga sulit atau susah dsb yang suka orang – orang tanyakan diatas, itu semua tergantung komitmen kita sendiri, jalanin aja dengan enjoy, pasti kamu seneg deh!
      Udah yaa segini dulu tulisan akunya. Oh ya kalau kamu punya saran untuk tulis apalagi kamu bisa komen dibawah atau hub aku di ig aku ya (@wulandarirn, di ig aku juga berisi info – info seputar beuty dari produk make up, skincare, dll, siapa tau kalian sedang mencari dan postingan aku bisa bermanfaat (promosi everywhere wkwk)), soalnya kadang aku masih bingung mau ambil topik apalagi. Daannnn ya, see you on my next posting! Jangan lupa di add yaa😊.
Luv!
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Comments

  1. Keren ka, ak juga thn ini bakal kuliah di upnv j. Informatika dan punya harapan double degree juga tahun depan

    ReplyDelete

Post a Comment

Arah Kisah Kita