My Acne Story


            Assalamualaikum wr.wb. Hi friends, gimana kabarnya tahun baru ini? Semoga kalian selalu happy yah 😊. Nah sesuai dengan vote yang aku buat beberapa hari lalu yaitu My Skincare Routin atau My Acne Story, voting tertinggi diperoleh oleh My Acne Story, jadi tulisan kali ini aku akan membahas tentang My Acne Story. Sebelum ke pembahasan, aku mau mengucapkan terimakasih sebanyak – banyak nya buat semua yang selalu support aku baik udah lama ataupun baru. Kemaren aku excited banget liat hasil vote yang ikutan 2 kali lipat dari vote aku sebelumnya. Aku kasih tau jenis jerawatnya dulu ya, jerawatnya itu cenderung yang keci – kecil tapi banyak kaya bruntusan, bruntusan yang berbentuk jerawat gitu. I hope you know what I mean. Maaf gabisa kasih hasil before after nya soalnya selama jerawatan males banget foto.
            Ok langsung ke pembahasannya aja ya. Pertama aku mau kasih tau ke temen – temen yang baru tau aku (kalo yang lama kenal dan tau aku baik di real life atau sekedar di medsos pasti udah tau kondisi muka aku), muka aku ini sebelum kurang lebih setengah tahun bisa dikatakan “muka badak” karena mau di pakein apapun atau di kondisi apapun ga pernah jerawatan. Tapi semua itu berubah setengah tahun yang lalu, sebenarnya tahun 2016 lalu muka ku udah mulai sensitive dengan air hujan (kalo kena air hujan langsung bruntusan) tapi besoknya langsung hilang.
            Kedua, kapan sih muka ku mulai sensitive sampe ngeluarin jerawat banyak banget? Mulainya awal aku kkn pas Agustus 2017, awalnya aku pikir karna aku bawa produk – produk skincare baru (belum pernah aku coba sebelumnya) tapi ternyata temen – temen ku juga jadi kita pikir ga cocok sama air dan udara disana. Pas pulang kkn udah agak mendingan tuh tapi ga lama kemudian muncul lagi, balik deh kedugaan aku sebelumnya jadi aku lepas produk – produk baru itu dan balik ke yang lama. Mendingan kan tuh, tapi pas mau dating bulan, ga karuan jerawatnya muncul makin banyak, ok aku pikir ini hormon. Tapi bulan berikutnya selalu begitu dan cenderung lama ilangnya. Risih dong!, biasanya ga pernah numbuh jerawat tapi sekarang sebulan mukaku bersih cuma seminggu. Terakhir seketika aku inget kalo aku pernah sekali pake face wash temen aku yang dari dokter. Pokoknya semua yang aku tau bisa nimbulin jerawat (bisa searching di google ya, banyak) udah aku sangkutpautin semuanya dan cara mengatasinya. Tapi rata – rata isi tentang “materi” ini tuh sama semua, kurang ngefek (mungkin harus jangka panjang).
            Semua yang di saranin mbah google udah aku ikutin semua, Cuma ya itu, ngefeknya terlalu lambat (anaknya sukanya yang instan). Sampe aku kepikiran mau ke dokter kulit atau klinik kecantikan, tapi itu masih maju mundur karena aku facial aja belum pernah karna takut, ini malah mau sok sok an ketempat begituan. aku juga belum berani untuk nyobain produk – produk baru, jadi waktu itu aku cuma rajin – rajin bersihin muka. Dan waktu itu mendingan, tetep muncul tapi ga terlalu banyak. Aku juga pernah konsul nanya sama seseorang yang ahli, dan jawabannya sama kaya di google “mungkin karna hormon”, hmmm okay I’ve know it😊.
            Nah pada desember 2017 aku menemukan produk yang sebenernya iseng aku beli pas lagi di mall, drugstore (otomatis tergolong murah). Awalnya aku agak – agak takut pake tapi penasaran juga, anddddd its really work for me, kurang lebih satu minggu bener – bener ngebuat muka aku mulus. Produknya Cuma 3, yaitu :
      1.     Garnier Micellar Cleansing Water (Pink)
Micellar Water ini fungsinya untuk membersihkan muka dari makeup atau kotoran – kotoran seperti debu yang menempel. Sebenernya produk ini adalah termasuk salah satu produk baru yang aku bawa pas kkn, dan awalnya aku bad imperession sama produk ini, ngerasa gaenak pake ini dan ga ngerasa sebersih pembersih muka aku sebelumnya (ovale), ga ada sensasinya gitu. Kalo aku pake ovale itu ada rasa cekit – cekit nya, itu efek dari alkoholnya. Suatu ketika aku lagi males pake si ovale itu dan aku coba lagi lah pake si garnier dan baru ngerasa bersih juga walaupun gaada sensasinya, besoknya pas bangun ngeliat muka lebih bersih dari sebelumnya. Nah siangnya aku nonton video youtube katanya kalo jerawat tuh gaboleh dikenain alcohol, dari situ aku mencoba selalu pake si garnier ini dan amazingly muka ku bersihan pake ini.
      2.     Himalaya Herbals Purifiying Neem Face Wash
Dari ketiga produk, ini adalah satu – satunya produk yang emang dari awal punya best imperession dari aku. Awalnya aku liat produk ini, dan sebelumnya aku dikasih tau katanya maskernya bagus banget. Aku cari deh maskernya di deretan itu tapi gaada, cuma ada face wash sama scrub nya aja. Berhubung aku udah lama menghindari scrub jadi aku ambilnya yang face wash nya. Aku pake pas lagi jerawat banget malem hari pas mau tidur, dan besoknya bener – bener ilang banyak banget. Baru pake seminggu bener – bener udah gaada jerawat lagi (aku pake pagi dan malem).
      3.     Sariayu Martha Tilaar Peel Off Mask
Aku beli ini karena awalnya penasaran banget (anaknya kepoan) sama peel mask gitu. Pikiran aku biar ga repot ngebilas dan ga bolak balik kamar mandi. Tapi ternyata pertama kali aku pake “ah ini mah lebih repot dari masker biasa, harus kletek ditambah warnanya bening jadi agak susah dan lebih lama”. Tapiiiiii pas ngaca bekas jerawat yang sebelumnya aku kopek – kopek in dan udah sering aku cari – cari produk yang bagus buat ngilangin sampe yang katanya madu bisa dan ga terlalu ngefek (masih item – item), pake ini sekali udah mulai pudar. Sampe aku nulis tulisan ini, aku pake belum sampe 5 kali tapi bekasnya udah memudar. Agak repot emang, tapi kalo efeknya begini gapapalah.
Yup, cuma 3 produk itu tapi ngebuat muka seminggu berubah drastis. Sampe saat ini aku udah pake selama hamper sebulan dan mukaku udah gapernah di gandrungi jerawat. Tapi kamu bener – bener harus rutin pakenya. Aku juga mau ngasih tau tips – tips lainnya yang mungkin ga ngaruh, tapi kalo ga dipraktekin mungkin berakibat fatal :
1.     Rajin – rajin bersihin muka
Kamu punya waktu buat make up an masa ga punya waktu untuk bersihin makeup itu sih? Ga harus yang makeup an aja, yang ga makeup an juga harus ngebersihin wajah, ntah dari debu atau kotoran lainnya. Dulu aku juga punya pikiran “gue ga bersihin makeup atau ga bersihin wajah juga gaada masalah”, tapi suatu ketika mikir juga “emang ga risih gitu ada yang nempel dimuka? Dan itu bisa jadi sarang kuman yang nantinya bikin timbul jerawat.
2.     Selalu cuci tangan sebelum membersihkan dan merias muka
Ini wajib banget kamu lakukan karena kalo tangan kamu tidak dibersihkan, otomatis tangan itu penuh kuman dan akan menimbulkan masalah - masalah pada kulit muka.
3.     Gunakan tissue sebagai lap muka
Handuk itu salah satu benda yang banyak di sangkutin kuman – kuman apalagi jarang di cuci, kecuali kamu cuci sehari sekali. Aku tau kalo pake tissue merusak alam dan sebagainya, tapi yaa maaf ini satu – satunya untuk ngehindari dari jerawat – jerawat yang timbul. Tapi seperti aku bilang, kalo kamu rajin cuci handuk sehari sekali itu lebih bagus, kalo aku berhubung anaknya pemalas jadi lebih pilih yang praktis .

Itu aja mungkin sharing produk dan tips – tips yang bisa aku kasih, semoga bisa membantu.  3 product dan tips - tips di atas itu adalah yang benar - benar ngaruh dan cepat di muka aku. Kalo kamu kepo dan mau coba produk – produknya tapi setelah coba ga cocok dikamu please banget jangan nyalahin aku karena semua itu emang cocok – cocok an di kulit. Untuk tips nya kamu boleh banget coba karena gaada salahnya kan untuk dicoba? 😊. Wassalamualaikum wr.wb 😊

Comments

Post a Comment

Arah Kisah Kita